Tel: (021) 75791260 Email: helpdesk@bppt.go.id

KERJASAMA BPPT & KRIBB (Bioprospeksi Tanaman Obat Indonesia)

 

  

KERJASAMA BPPT - KRIBB 

Bioprospeksi Tanaman Obat Indonesia

 

Pengembangan obat herbal berbasis tanaman asli Indonesia akan memberikan nilai tambah pada sumber daya hayati Indonesia dan meningkatkan daya saing bangsa Indonesia secara global di bidang industri obat herbal dan jamu.
Sumber daya hayati Indonesia yang unik dan sangat beraneka ragam merupakan aset potensial yang hingga saat ini belum dimanfaatkan secara optimal. BPPT telah menjalin kerjasama dengan Korea Research Institute for Bioscience and Biotechnology (KRIBB) dalam rangka mengembangkan produk kesehatan dari tanaman obat Indonesia. Kerjasama ini telah berlangsung sejak tahun 2008 dan telah mengumpulkan lebih dari 2.500 tanaman obat dari beberapa lokasi di Pulau Jawa, Sulawesi, Sumatera, Bali dan Lombok.
Koleksi tanaman obat tersebut telah diekstraksi dan diskrining untuk beberapa aktifitas hayati. Beberapa ekstrak tanaman menunjukkan potensi untuk dikembangkan lebih lanjut terutama untuk anti-asma, anti-dengue dan anti-diabetes. Dalam pengembangan selanjutnya, dilakukan domestikasi, studi fitokimia, uji praklinis dan uji klinis terhadap tanaman yang berpotensi untuk dikembangkan menjadi produk-produk obat herbal sesuai dengan prinsip evidence based medicine.
Ke depan, kegiatan ini akan diarahkan pada pengembangan produk-produk kesehatan melalui kerjasama dengan industri obat herbal baik di tingkat nasional maupun global dan aspek manfaat bagi masyarakat lokal juga akan diangkat sebagai salah satu bagian topik kerjasama selanjutnya.
 
 
Pada tanggal 9 April 2018, delegasi KRIBB yang terdiri dari Dr. Sangho Choi (Director of International Biological Material Research Center, KRIBB); Dr. Jin Hyub Paik (Researcher of International Biological Material Research Center, KRIBB) dan Dr. Young Hyo Chang (Director of ABS Research Support Center, KRIBB) datang mengunjungi BPPT dalam rangka mendiskusikan Kerjasama BPPT-KRIBB tahun 2018 dan courtesy call kepada Deputi Kepala BPPT Bidang Agroindustri dan Bioteknologi, Dr. Ir. Soni Solistia Wirawan, M.Eng. Pada kesempatan tersebut, Deputi Kepala BPPT Bidang TAB mendukung kerjasama BPPT – KRIBB yang telah dimulai dari tahun 2008 dan berpesan agar kerjasama internasional antar dua Negara harus berlandaskan prinsip saling menghormati dan saling menguntungkan.
Lingkup kegiatan dalam kerjasama BPPT-KRIBB untuk tahun 2018 akan difokuskan pada domestikasi 4 tanaman yang memiliki khasiat sebagai anti-asma, anti-dengue dan anti-diabetes. Perbanyakan bibit dilakukan bekerjasama dengan Balai Bioteknologi sedangkan budidaya dilakukan bersama Balai Besar Teknologi Pati di Lampung.

 

Statistik Pengunjung

4.png8.png6.png7.png7.png
Today8
Yesterday45
This week222
This month1327
Total48677

Hubungi Kami

Gedung II Lantai 10

Jl. MH. Thamrin No 8

Telp/ Fax : +62-21-3140062

 

Gedung LAPTIAB I

Puspiptek Serpong

Telp/ Fax : +62-21-7560707

 

E-mail : sekr-ptfm@bppt.go.id