SELAMAT DATANG DI WEBSITE PUSAT TEKNOLOGI FARMASI DAN MEDIKA - BADAN PENGKAJIAN DAN PENERAPAN TEKNOLOGI

Pers Release Teknologi Industri Produksi Bahan Baku Kit Rapid Test Dengue Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi

Pers Release

Teknologi Industri Produksi Bahan Baku Kit Rapid Test Dengue

Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi

Salah satu tantangan pembangunan kesehatan nasional adalah masih tingginya kasus penyakit menular (infeksi), satu diantaranya adalah Demam Berdarah Dengue (DBD).  Tahun 2016 terjadi outbreak DBD di berbagai wilayah Indonesia dengan jumlah kasus mencapai 204.171. Pada tahun 2017 jumlah kasus DBD menurun menjadi 68.407 kasus dan 53.075 kasus pada tahun 2018. Data pada bulan Januari 2019 tercatat kasus DBD sebanyak 13.683 dengan jumlah kematian sebanyak 133 orang. Dengan masih tingginya angka kejadian dan kematian karena infeksi virus dengue, maka deteksi dini menjadi upaya penting untuk dapat memberikan tindakan yang cepat kepada penderita DBD, sehingga angka kematian bisa ditekan. Saat ini beberapa produk import Kit Rapid Test Dengue telah beredar di pasar, dengan bahan aktif dari luar (bukan menggunakan strain virus lokal) dan harga cukup tinggi. Upaya pengembangan produk Rapid Test Dengue dengan menggunakan strain virus lokal untuk memberikan hasil yang lebih spesifik dan harga yang lebih terjangkau penting untuk dilakukan.

 

Pada 17 Juni 2019 lalu, BPPT melalui Pusat Layanan Teknologi telah bersepakat dan melakukan penandatangan Perjanjian Kerjasama Produksi dan Komersialisasi Kit Rapid Tes Dengue dengan PT. Kimia Farma (Persero) Tbk. Ada tiga tahapan utama yang harus dilalui dalam pengembangan kit rapid test dengue ini, yaitu : (i). Pengembangan teknologi produksi bahan baku aktif Kit Rapid Test Dengue, (ii). Formulasi sediaan strip Kit Rapid Test Dengue dan (iii). Transfer teknologi, Up scaling, registrasi dan komersialisasi bersama mitra industri. Produk ini merupakan hasil inovasi teknologi BPPT (Pusat Teknologi Farmasi dan Medika, Deputi Bidang Teknologi Agroindustri dan Bioteknologi), bekerjasama dengan PT. Hepatika Mataran dan PT. Kimia Farma (Persero) Tbk.

Pada hari ini, 11 Desember 2019 dilakukan serah terima teknologi industri produksi bahan baku kit rapid test dengue dari BPPT kepada PT Kimia Farma (Persero) Tbk, sebagai bagian dari kegiatan transfer teknologi dan pendampingan produksi Kit Rapid Test Dengue sebagaimana kesepakatan yang tertuang dalam Perjanjian Kerjasama. Selanjutnya akan dilakukan tahapan proses registrasi,  produksi dan Komersialisasi Kit Rapid Test Dengue sebagai upaya menghadirkan produk Kit Rapid Test Dengue produk dalam negeri untuk substitusi impor.

 

 

Statistik Pengunjung

1.png1.png3.png1.png3.png4.png
Today7
Yesterday147
This week291
This month1743
Total113134
1
Online

Hubungi Kami

Gedung II Lantai 10

Jl. MH. Thamrin No 8

Telp/ Fax : +62-21-3140062

 

Gedung LAPTIAB I

Puspiptek Serpong

Telp/ Fax : +62-21-7560707

 

E-mail : sekr-ptfm@bppt.go.id